Senin, 24 November 2014

Ciri Khas Sirkuit-Sirkuit di Motogp

1. LOSAIL (Qatar)
- Balapan pembuka
- Terletak di padang pasir sehingga trek bisa berdebu
- Dilaksanankan malam hari dengan gemerlap lampu yang menyinari
- Cuaca: Jarang sekali hujan. Walau pernah pada tahun 2009, sehingga balapan diundur sehari.
- Salah satu sirkuit yang panjang, lebih dari 5 km
- Memiliki trek lurus yang panjang, dapat mencapai top speed
- Tidak berumput
- Warna kerb: ungu putih

 2. COTA (Amerika)
- Sirkuitnya termasuk panjang lebih dari 5 km
- Adanya tikungan hairpin yang sangat tajam
- Termasuk sirkuit yang modern
- Warna kerb: merah putih

3. JEREZ (Spanyol)
- Biasanya merupakan balapan pertama di Benua Eropa
-  Cuaca biasanya cerah walau pernah juga hujan. "Predictable" atau dapat diprediksi.
- Trek lurus terpanjangnya tidak akan sampai motor mencapai top speed
- Tikungan terkenal: Dry Sack
- Terdapat bunga warna kuning pada rumput di run off area-nya
- Warna kerb: biru putih

4. LE MANS (Prancis)
- Panjang sirkuit rata-rata
- Trek lurus terpanjangnya tidak akan sampai motor mencapai top speed
- Cuaca yang kadang berubah tiba-tiba, sulit diprediksi, seperti tahun 2003, 2007, 2008, 2009, 2013

5. MUGELLO (Italia)
- Termasuk sirkuit cepat, tidak ada tikungan lambat, mengalir
- Memiliki trek lurus yang panjang dan agak berkelok, bisa mencapai top speed
- Termasuk sirkuit yang panjang lebih dari 5 km
- Lintasannya naik-turun
- Cuaca biasanya berlangsung cerah
- Cukup modern
- Tikungan terkenal: San Donato (turn 1)
- Warna kerb: merah putih hijau

6. CATALUNYA (Spanyol)
- Panjang sirkuit biasa
- Chicane yang cukup besar di tikungan pertama
- Memiliki beberapa lay out
- Tikungan terkenal La Caixa (turn 10)
- Warna kerb: merah putih

7. ASSEN (Belanda)
- Satu-satunya sirkuit yang masih digunakan sejak pertama kali motogp ada tahun 1949
- Sudah banyak mengalami perubahan layout
- Cuaca kadang sulit diprediksi, biasanya cerah
- Balapan digelar di hari Sabtu (dulu)
- Tikungan terkenal: GT Assen (tikungan terakhir yang berupa chicane)
- Warna kerb: merah putih biru

8. Sachsenring (Jerman)
- Permukaan trek balapnya hampir semuanya merupakan turunan atau tanjakan
- Lintasannya naik-turun
- Lintasan lurus pendek
- Banyak tikungan memanjang
- Banyak tikungan ke kiri sebanyak 10 berbanding 3 dengan tikungan ke kanan
- Tikungan terkenal: waterfall (turn 11)
- Warna kerb: hitam merah kuning

9. LAGUNA SECA (Amerika)
- Sirkuit terpendek kurang dari 4 km
- Lintasannya naik-turun
- Trek lurusnya sangat pendek
- Lintasannya termasuk cukup sempit
- Tidak berumput
- Cuaca cerah
- Tikungan terkenal: Corkscrew (turn 8)
- Warna kerb: biru putih

10. INDIANAPOLIS (Amerika)
- Memiliki dua jalur atau layout berbeda
- Terdapat beberapa jenis aspal berbeda bisa dilihat dari warnanya
- Cuaca bisa cerah bisa hujan
- Jika diperhatikan garis start finish di sini berbeda dari sirkuit lain karena garis start finishnya terbuat dari batu bata
- Warna kerb: biru putih

11. ARAGON (Spanyol)
- Lintasan cukup panjang
- Cukup datar
- Ada tikungan cepat yang panjang
- Ada satu trek lurus panjang sebelum tikungan terakhir
- Warna kerb: kuning merah

12. MISANO (San Marino)
- Lintasan cukup rata
- Bagian awal akan tampak pelan bagian akhir akan berkarakter cepat karena tikungannya
- Warna kerb: merah putih

13. ESTORIL (Portugal)
- Tikungan terakhir tikungan cepat diikuti trek lurus panjang yang di tikungan pertama ada tikungan 90 derajat
- Lintasannya naik turun
- Warna kerb: biru putih

14. MOTEGI (Jepang)
- Dikenal dengan nama Twin Ring Motegi
- Memiliki lintasan lain yang berbentuk menyerupai oval
- Terdapat dua terowongan kecil
- Warna kerb: biru putih

15. PHILLIP ISLAND (Australia)
- Sirkuit terdekat dengan laut karena terletak dipinggir laut, sehingga pemandangannya cukup bagus
- Cuaca bisa berubah dengan cepat jika ada mendung karena dekat laut dan anginnya kencang
- Sirkuit berkarakter cepat
- Sedikit naik turun
- Banyak ditemui burung di arena balap
- Warna kerb: biru putih

16. SEPANG (Malaysia)
- Tikungan pertama dan kedua double hairpin
- Memiliki 2 trek lurus panjang yang dipisahkan oleh tikungan hairpin
- Treknya cukup lebar
- Cuacanya panas
- Cuaca bisa berubah dengan cepat
- Warna kerb: merah putih

17. SILVERSTONE (INGGRIS)
- Sirkuit karakter cepat
- Cuaca kadang bisa menjadi tidak menentu walau biasanya normal
- Memiliki dua trek lurus panjang

18. DONINGTON PARK (INGGRIS)
- Mayoritas lintasannya naik turun
- Cuaca bisa menjadi tidak menentu

19. TERMAS DE RIO HONDO (Argentina)
- Termasuk sirkuit cepat
- Tidak ada tikungan yang tajam(menyudut)
- Warna kerb: putih merah biru

20. VALENCIA (Spanyol)
- Balapan penutup(seri terakhir)
- Sirkuit ini dirancang sedemikian rupa sehingga Dari grandstand atau tribun tertentu seluruh bagian sirkuit dapat terlihat
- Kerb warna kuning merah

21. PORTIMAO
- Kontur Lintasan Naik Turun sepanjang sirkuit