Senin, 15 April 2013

Istilah Dalam Balap: Bendera






Checkered flag (finish flag)
Bendera dengan motif kotak-kotak warna hitam-putih seperti papan catur. Gunanya sebagai tanda finish sebuah lomba atau akhir dari sebuah sesi (misalnya kualifikasi).



Green flag
Bendera hijau. Adalah tanda bahwa balapan sudah siap untuk dimulai atau siap dilanjutkan apabila sebelumnya terjadi penundaan atau halangan. Biasanya juga dikibarkan setelah yellow flag berakhir.




Yellow flag
Bendera kuning. Menandakan sedang terjadi insiden/kecelakaan di lintasan saat balapan sedang berlangsung. Para pebalap wajib mengurangi kecepatan dan dilarang melakukan overtaking di zona berbendera kuning.


Blue flag
Bendera biru. Tanda untuk pebalap backmarker (paling belakang) yang mengharuskan untuk memberi jalan pada pebalap di urutan depan yang akan melakukan overlaping. Pembalap yg terkena bendera ini harus melambatkan tunggangannya dan membiarkan pembalap dibelakangnya lewat.


Red flag
Bendera merah. Tanda bahwa balapan dihentikan/ditunda. Biasnya diakibatkan karena ada ceceran oli di track, sebuah benda di tengah track balap yg dapat mengganggu keselamatan peserta, cuaca yg sangat buruk(hujan sangat deras atau badai).







Black flag
Bendera hitam. Tanda bahwa ada pebalap yang terkena diskualifikasi karena melakukan pelanggaran berat, black flag akan diangkat bersama-sama dengan nomer start pebalap yang dimaksud. Pebalap yang terkena black flag wajib untuk segera kembali ke pit, dan tidak dapat meneruskan perlombaan.



White flag
Bendera Putih. Tanda bahwa telah terjadi perubahan cuaca (misalnya: hujan) para pebalap diperbolehkan mengganti motor (Motogp dan Superbike) dan atau mengganti ban (F1,motogp,supebike). Bendera ini di beberapa ajang balapan tertentu juga dijadikan tanda bahwabalapan tinggal menyisakan satu lap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar