Sabtu, 04 Januari 2014

Tikungan-Tikungan Unik di Sirkuit Motogp

Beberapa tikungan di sirkuit internasional memiliki beberapa keunikan, entah karena bentuknya, sulitnya untuk melewati dan lain-lain. Berikut ini adalah tikungan-tikungan unik di sirkuit motogp, versi saya:

1. Corkskrew (Laguna Seca)
Ini adalah tikungan paling terkenal di sirkuit Laguna Seca. Tikungan ke 8 ini termasuk jenis tikungan chicane yang aneh. Sebelum tikungan pembalap harus melewati jalur menanjak kemudian sedikit belok kanan, setelah itu langsung belok kiri dengan turunan tajam kemudian belok kanan.

Corkskrew sendiri artinya adalah pembuka botol.  Menyelesaikan tikungan ini pembalap seperti dipelintir seperti alat pembuka botol tersebut, sehingga benar-benar ikut memelintir kuda besinya di situ.
 “Ketika memasuki tikungan fenomenal Corkscrew di Laguna Seca, tubuh rasanya melayang dan tiba-tiba anda merasa semuanya serba ringan dalam waktu yang sangat singkat. Setelah melewatinya, kemudian ada tekanan yang rasanya cukup tinggi sebelum membelok ke kiri,” ungkap Stefan Bradl.

2. Waterfall (Sachsenring)
Tikungan waterfall adalah tikungan ke-11 di sirkuit "Sachsenring" Jerman, di mana setelah tikungan ada turunan yang cukup tajam. Oleh karena itulah tikungan maut ini disebut waterfall (air terjun). Sebenarnya hampir semua tikungan di Sachsenring sulit karena naik turun, tapi tikungan waterfall ini yang paling unik dan khas.Sebelum memasuki tikungan ini pembalap akan melewati banyak dan panjang tikungan ke kiri yang naik turun sebelum akhirnya sampai di tikungan ini akan berbelok ke kanan dengan trek menurun yang cukup panjang.

3. Eau Rogue (Spa Francorchamps)
Eau Rogue adalah salah satu tikungan di Sirkuit Spa-Francorchamps. Sekarang sirkuit ini sudah tidak dipakai lagi di motogp, tapi dulu pernah ketika masih era 500cc, sementara sekarang sirkuit ini masih menyelenggarakan balap F1. Kembali lagi ke Eau Rogue.Yang tidak biasa dari tikungan ini adalah sebuah tikungan ke kanan yang berbentuk busur lingkaran dalam posisi menanjak yang di dahului dan diakhiri dengan tikungan ke kiri. Termasuk tikungan high speed corner.

4. Gancho (Estoril)

Tikungan ke-9 sirkuit Estoril, merupakan tikungan chicane yang menanjak. Tikungan ini seperti kebalikan dari tikungan corkskrew yang ada di Laguna Seca tapi lebih landai.

5. Greet Timmer (Assen)
GT Assen. Tikungan terakhir di sirkuit Assen. Merupakan tikungan chicane. Letaknya yang berada di paling akhir, sebelum trek lurus tempat adanya garis start finis telah membuat tikungan ini menjadi krusial di lap terakhir.