Minggu, 30 Juni 2013

Istilah Dalam Balap: Aksi & Manuver

Cornering
Teknik memacu motor di tikungan dengan memiringkan motor dan menurunkan satu kaki (merebahkan motor).
 





Braking
Pengereman. Yaitu memperlambat motor. Dilakukan ketika akan memasuki tikungan.



Overtaking
Pergerakan motor atau mobil menyusul lawan di depannya pada sebuah kegiatan balap. Jika di tikungan menyusul dapat dilakukan melalui sisi dalam tikungan (inside) ataupun sisi luar (outside). Pada umumnya jika menyusul melalui sisi dalam tikungan.



Late braking
Teknik untuk mendahului pembalap yang ada di depannya dengan cara "mengerem lebih lambat" daripada pebalap yang akan didahului. Atau mengerem lebih dekat ke tikungan dari titik pengereman biasanya.



Racing line
Jalur yang harus diambil pebalap untuk mempersingkat waktu dalam menyelesaikan perlombaan atau dalam melintasi lintasan, dengan cepat dan efektif, tidak banyak buang waktu.



Sliding/Power Slide 
Pada prinsipnya saat motor mengalami slide artinya motor kehilangan momentum untuk bergerak ke depan, motor juga bergerak ke samping, semakin sering slide, ban akan semakin habis sementara waktu terbuang saat motor melakukan slide. Itu teorinya, tetapi bagi para ahli mereka justru memanfaatkan momen “Slide” untuk membuat motor membelok. Sementara jika pembalap lain akan memperlambat kecepatan untuk belok. Sliding juga dapat terjadi ketika motor alami oversteer. Mirip dengan drift.



Leg Out/Foot out/Kaki keluar/Aksi turun kaki
Para pembalap sering menurunkan kakinya ketika mengerem sebelum tikungan. Hal ini bertujuan supaya motor lebih seimbang ketika melakukan late brake.



Riding style/Gaya Balap 
Cara/teknik yang dilakukan pembalap dalam membawa motornya. Contohnya ketika menikung, ada yang dengan sliding ada yang tidak, ada yg sampai sikutnya menyentuh lintasan ada juga yang tidak.






Side by Side 
Kondisi atau keadaan dimana ada dua atau lebih pembalap dalam posisi sejajar, bersebelahan.



Stopie
Aksi pembalap dalam memainkan rem depan dengan mendadak sehingga roda belakang terangkat.



Wheelie
Salah satu gaya dalam freestyle dengan mengangkat roda depan pada sepeda motor. Namun wheelie juga dapat terjadi tidak sengaja ketika pembalap melakukan akselerasi keluar dari tikungan atau pun saat start, dengan sendirinya motor terangkat karena tenaganya yang besar.
 


Burnout
Aksi memutar ban belakang tanpa ban depan (ban depan di rem). Motor diam tapi ban belakang berputar. Sehingga akan menghasilkan asap. Atau ban belakang berputar berlebihan daripada seharusnya sehingga tampak menghasilkan asap.

1 komentar: