Rabu, 25 September 2013

Kamera-Kamera pada Kendaraan di MotoGp dan Formula One

Dalam memanjakan pemirsanya salah satu caranya adalah dalam memperlihatkan sudut pandang yang sulit untuk didapatkan jika dari melihat dari tempat penonton atau kamera yang ada di sisi sirkuit. Seperti dari atas, dan bagian tertentu dari motor sehingga terlihat lebih dekat. Pemasangan kamera-kamera di sudut-sudut motor atau mobil ini juga menambah biaya untuk olahraga ini yang memang sudah mahal.



Pada Helikopter
Dalam mengambil atau merekam jalannya balapan di Motogp dan F1 juga menggunakan helikopter supaya dapat terlihat dari atas.

Pada motor Motogp
Pada motor motogp dapat dipasangi banyak kamera berikut gambar yang dihasilkan kameranya: 
Yang biasa

Jarang(tidak selalu tampil/tayang)
rem
dari dalam kokpit
kaki, tuas gear
di bawah motor ban belakang
samping bawah menghadap ban depan
samping motor hadap belakang
Canggih (tidak biasa): "Gyroscopic OnBoard Camera"
Letak keunikannya yaitu memiliki garis horisontal yang tetap, sehingga kita seolah mengikuti pergerakan motor di lintasan aspal sirkuit. Hasilnya perspektif gambar lebih spektakuler.
Kamera Gyroscopic merupakan kamera yang memiliki poros ditengah yang berguna untuk mempertahankan posisinya secara tegak lurus. Artinya bahwa gambar yang diambil kamera tersebut tetap pada posisi tegak lurus walaupun motor yang digunakan rider rebah ke kiri ataupun ke kanan.
Cara kerjanya, aliran data akan diproses secara real-time untuk mengontrol motor ukuran miniatur yang ditempatkan didalam peranti kamera "Gyroscopic OnBoard Camera", memungkinkan lensa berputar mengikuti pergerakan motor. Setiap pergerakan lensa akan memperbaiki garis horizontal seperti garis horizontal yang terlihat oleh si pembalap.



Pada mobil Formula One
Yang biasa dilihatkan
Yang lain
 


kamera pada helm pembalap
sayap depan
Kamera canggih(tidak biasa): thermal camera (onboard)
Kamera pendeteksi panas, makin panas makin merah.

2 komentar: