Selasa, 17 September 2013

Persamaan F1 dengan MotoGP

Motogp dan Formula One adalah balapan otomotif paling bergengsi di seluruh dunia. Motogp balap motor roda dua, f1 balap mobil roda empat. Biarpun berbeda tapi masih punya persamaan. Motogp sudah ada sejak tahun 1949. Sementara F1 mulai tahun 1950.
Berikut beberapa persamaan yang ada antara F1 dan Motogp:

Biaya selangit
Biaya yang dibutuhkan untuk berkompetisi di dua ajang tersebut amat besar, selangit. Mobil dan motor yang dipakai bukan yang produksi untuk massal atau tidak untuk dijual di pasaran. Tetapi memang dirancang dan dibuat khusus untuk balapan dengan berbagai macam komponen yang tidak biasa dan mahal. Penyelenggaraannya pun diberbagai belahan dunia. Ini juga menambah mahal tentunya, untuk transportasi membawa logistik dan keperluan tim dari negara satu ke negara lainnya yang tentunya tidak murah. Tapi tentunya F1 lebih mahal dari Motogp. Mulai dari jutaan dollar hingga milliaran dollar AS se-musim.



300km/jam
Balpan super cepat di dunia. Kecepatan motor dan mobil formula one dapat melebihi 300 kilometer per jam di trek lurus. Rekor kecepatan tertinggi di motogp adalah 349.288 km/jam (217.038 mph) yang dicatatkan oleh Dani Pedrosa(Repsol Honda) tahun 2009 di Mugello. Sementara di formula one kecepatan mobil dapat mencapai rekor kecepatan dapat mencapai 413 km/jam(unofficial/tidak resmi). Sementara biasanya top speed mobil F1 antara 340-360 km/jam.

Teknologi canggih
Teknologi yang digunakan adalah teknologi terkini yang canggih, yang dibuat oleh para insinyur tim. Berbagai perangkat elektronik yang dapat mengoreksi kesalahan pembalap sehingga mobil/motor tetap di jalurnya. Selain itu juga banyak piranti elektronik lain yang punya berbagai macam fungsi. Bahkan dapat transfer teknologi satu sama lain, contohnya seamless shift gearbox, yang dibawa honda dari F1 ke Motogp, yang mulai ditiru oleh tim lain, dll.

Banyak kamera yang dipasang pada kendaraan
Jika kita lihat di balap f1 dan motogp pasti akan sesekali ditampilkan gambar yang diambil dari berbagai sudut pandang kamera yang dipasang pada kendaraan. Jumlahnya pun tidak cuma satu bisa sampai lebih dari lima.
Selain kamera yang dipasang di kendaraan juga sampai menggunakan helikopter untuk merekam jalannya balapan, untuk mendapatkan gambar atau sudut pandang yang bagus. Lanjut >>>>

Lampu LED belakang (lampu hujan)
Sudah sejak lama f1  sudah menerapkan lampu hujan yang dipasang di sebelah belakang mobil, kemudian motogp juga menggunakannya sejak 2012, karena jika hujan jarak pandang terbatas sehingga sulit melihat. Lampu ini dapat membantu untuk mengetahui kalau ada pembalap di depan ketika jarak pandang buruk.



Regulasi
Ada beberapa persamaan regulasi antara f1 dan motogp. Seperti ketika start harus di starting grid kemudian menunggu lampu start mati. Penalty umumnya sama seperti drive/ride through penalty, jumped start harus melewati jalur pit. Simbol warna bendera yang digunakan untuk memberi tanda mayoritas sama. dll.

Sirkuit yang digunakan
Standar sirkuit yang digunakan hampir sama. Kalau dilihat sirkuit yang digunakan pasti punya kerb, starting grid, pitstop, dll.
Beberapa sirkuit motogp juga digunakan f1. Yang sekarang masih digunakan keduanya diantaranya: Sepang, Austin, Catalunya, Silverstone. Yang pernah digunakan ke2nya tapi tinggal salah satu saja sekarang yang menggunakan diantaranya: Jerez, Suzuka, Indianapolis, Shanghai, Spa Francorchamps, Hockenheim, Nurburgring, dll. Yang pernah digunakan ke2nya tapi sudah tidak satupun yang memakai lagi sekarang diantaranya: Imola, Jarama, Istanbul Park, dll.

Mengadakan balapan malam mulai tahun 2008
Mengadakan balapan malam bukanlah perkara yang gampang, membutuhkan banyak lampu untuk menerangi semua bagian sirkuit yang tentunya butuh energi yang besar. Untuk pertama kalinya dalam sejarah balap motogp dan f1 diadakan balapan malam mulai tahun 2008. Pertama dilakukan oleh Motogp di sirkuit Losail di Qatar, kemudian disusul f1 di GP Singapura dan Gp Abu Dhabi(sore-malam).

Ban (slick)
Ban kering yang digunakan sama-sama ban slick tanpa ada alur, permukaan rata/halus. Walaupun f1 sempat menggunakan ban beralur untuk kondisi kering tapi sempat tak digunakan dari tahun 1998-2008, mulai menggunakan ban ini kembali sejak 2009. Ban hujan tentu saja beralur.
Selain itu ban di f1 dan motogp saat ini sama-sama diperoleh dari pemasok ban tunggal. Motogp ada bridgestone, f1 ada bridgestone kemudian digantikan pirelli.

Pembalap (juara dunia oleh orang yang sama)
Memang ada beberapa pembalap yang pernah mencoba dua ajang ini sekaligus dan mengikuti perlombaan secara resmi. Biasanya motogp akan beralih ke world superbike, f1 dengan indycar, nascar, dll.
Namun ada juga orang yang bisa membalap di dua ajang berbeda ini yaitu motogp dan formula one. Salah satunya adalah John Surtees (asal Inggris). Ia bahkan mampu menjadi juara dunia di dua ajang balap yang berbeda ini. Juara di ajang balap roda dua motogp yang saat itu masih 500cc tahun 1956, 1958-1960 di kelas 350cc juara dunia tahun 1958-1960. Di tahun 1960 ia sudah sempat mencicipi balap f1 dengan tampil di beberapa seri dan sempat sekali podium 2. Setelah berjaya bersama MV Agusta di ajang balap roda dua kemudian ia memutuskan di tahun berikutnya beralih ke balap jet darat atau formula one semusim penuh. Kemudian akhirnya ia mampu meraih gelar juara dunia di F1 di tahun 1964 bersama Ferrari. Kiprahnya di F1 dimulai tahun 1960-1974 sementara di motogp tahun 1952-1960.
http://en.wikipedia.org/wiki/John_Surtees

Manufaktur yang sama
Diantaranya:
  • Honda sebagai konstruktor yang pernah berpartisipasi dalam ajang balap F1 dan Motogp, yang akhirnya  memutuskan untuk mundur dari ajang f1 karena krisis finansial. Namun ada kabar bahwa honda akan kembali lagi ke Formula one.
  • Pemasok ban yang pernah berpartisipasi di dua ajang ini diantaranya: Bridgestone, Michelin dan Dunlop.
dll.


Referensi: (internet)
en.wikipedia.org
dll

Tentunya masih ada persamaan yang lain. Kalo ada yang mau nambah dipersilahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar