Minggu, 18 Januari 2015

Kejadian Unik di Motogp #3 Zona Indonesia

Indonesia merupakan sebagian kecil negara yang memiliki keterlibatan dalam olahraga ini. Selama itu pula ada beberapa kejadian tidak biasa yang dapat dihubungkan dengannya, mulai dari tempat hinga pembalapnya.

Rafid Topan vs Pol Espargaro Jerez 2013
Kala itu Topan sedang berada di posisi paling belakang dari pembalap yang masih balapan, anehnya dia disorot oleh kamera televisi di sirkuit dari trek lurus Jerez sampai tikungan ke dua dan tampil live di tv, di mana sangat jarang terjadi pembalap di posisi buncit disorot kecuali kalau terjadi sesuatu.
Uniknya dua lap kemudian ia kembali tersorot kamera lagi. Tetapi kali ini lebih seru,  di mana ia sempat menyela duel antara Nakagami dan Espargaro yang berebut posisi 3. Nakagami berhasil melewati Topan dengan mudah karena Topan menyadari kalau ada pembalap dibelakangnya, uniknya ia tidak menyadari kalau di belakangnya masih ada Espargaro, sehingga Espargaro pun harus susah payah untuk melewati Rafid Topan.


Rafid Topan Motegi 2013: bawa bendera Indonesia di starting grid.
Jika para pembalap biasanya membawa bendera saat balapan usai tidak seperti yang dilakukan Rafid Topan di Gp Jepang. Di mana ia membawa bendera Indonesia saat di starting grid setelah berhasil start dari posisi ke lima.


Komentator Salah Maksud
Masih dari Gp Jepang 2013, saat itu sekitar lap ke-4 Doni Tata yang sudah memulai start dengan sangat baik setelah berhasil menysusul beberapa pembalap harus terjatuh dari motornya. Tapi salah satu komentator salah mengira ia dengan Rafid Topan karena sama-sama pembalap Indonesia. Ini dia percakapannya seingatku:
GE: ...crash for Doni Tata Pradita, Indonesian rider.
NH: What a shame! after start from middle second row of the grid.
GE: That is Sucipto start from middle second row of the grid.
NH: Oh, I'm sorry
GE: ...
Kurang lebih maksudnya: ... Itu yang terjatuh adalah Doni Tata Pradita, pembalap Indonesia. Sayang sekali setelah start dari posisi tengah baris kedua. Itu Sucipto(Rafid Topan) yang start dari posisi tengah di baris kedua. Oh, maaf. Tentu saja (tetap disayangkan) setelah ia (Doni Tata) memperoleh poin pertamanya di Australia kemarin.


Rafid Topan raja jatuh di di tahun 2013
Dalam satu musim ia terjatuh sebanyak 26 kali. Hal ini bukan saja membuatnya menjadi pembalap yang paling sering jatuh di kelas moto2, tapi dari seluruh kelas di motogp.


Wildcard pembalap Indonesia di kelas 125cc Gp Indonesia di Sentul tahun 1996 & 1997.
Tahun 1996 ada dua pembalap Indonesia di Sentul keduanya harus puas finis di posisi 21 & 22, sama-sama teroverlap. Salah satunya kembali ikut balapan di tahun berikutnya.
Tahun berikutnya total ada empat pembalap Indonesia yang turun di Sentul. Apesnya tak satupun dari mereka yang berhasil finis.
Meski begitu, kelima pembalap Indonesia inilah yang pernah balapan satu arena dengan Valentino Rossi.


Rossi juara di Sentul 1997.
Saat di podium Rossi memakai penutup atau pelindung kepala warna biru. Tak ketinggalan aksi selebrasi Rossi di sini. Kemenangan Rossi di Sentul ini merupakan kemenangan kesebelasnya dalam satu musim yang juga merupakan rekor kemenangan terbanyak dalam satu musim di kelas 125cc.



Pawang Hujan di motogp Mandalika 2022
Kala race ditunda akibat hujan deras tiada henti, pawang hujan pun turun ke lintasan. Bahkan menjadi tontonan dan tampil secara live 🤣.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar