Kalau kita browsing mencari beberapa informasi maka salah satu referensi yang muncul di google berasal dari yahoo answers.
Yahoo answers adalah forum atau situs tanya jawab yang merupakan layanan yang disediakan oleh Yahoo. Pertama diluncurkan tahun 2005, sedangkan untuk versi bahasa Indonesianya baru ada tahun 2007. Situs ini juga terkenal dengan sebutan y!a singkatan dari yahoo answers.
Cara kerja:
Yang bisa berkontribusi dalam situs ini adalah para user yang telah terdaftar. Baik untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan.
Forum tanya jawab ini menggunakan sistem poin.
Ketika pertama bergabung akan mendapatkan 100 poin.
Ketika bertanya akan mendapatkan -5 poin (berkurang 5).
Menjawab pertanyaan mendapatkan 2 poin.
Jawaban dipilih sebagai jawaban terbaik mendapatkan 10 poin.
Dilaporkan oleh komunitas dan dinyakan melanggar pedoman komunitas mendapatkan -10 poin (dikurangi 10 poin).
Pengalaman di yahoo answers
Motivasi mendaftar yahoo answers:
Ingin membantu menjawab permasalahan orang atau menyebarkan informasi yang belum ada di google.
Latar belakang: ketika browsing di internet mencari jawaban atas beberapa ertanyaan sering menemukan jawaban yang membantu dari y!a, sehingga tertarik untuk bergabung. Barangkali bisa membantu berkontribusi.
Kontributor top
Senang juga bisa menjadi kontributor top, artinya orang-orang yang berkontribusi dalam suatu kategori atau sub-kategori dengan cara mendapatkan sekian banyak jawaban terbaik dalam satu minggu di sub-kategori tertentu. Namun khusus di kategori jajak pendapat dan survei tidak terdapat hal ini.
Yahoo answers dulu dan sekarang:
Dulu:
Yahoo answers berwarna hijau nyaman dilihat, selain karena lebih banyak ruang kosong.
Ada fitur voting, bila pertanyaan dibiarkan saja oleh penanya, maka otomatis akan mesuk ke masa voting, penjawab yang mendapatkan suara terbanyak akan mendapatkan best answer. Masa voting dibatasi sampai 4 hari dan bisa diperpanjang 2 hari, namun bila belum ada suara atau ada jawaban dengan jumlah vote sama dan merupakan jumlah vote terbanyak maka akan terus dalam masa voting hingga salah satunya mendapat vote lebih banyak dari yang lainnya.
Ramai sekali, hampir tiap detiknya muncul pertanyaan baru. Terutama kategori Hiburan dan Musik pada sub-kategori Jajak Pendapat dan Survei. Disini pertanyaannya cenderung bebas dan ceria. Kebanyakan pertanyaan tak penting juga tapi memang konyol dan kocak.
Sekarang:
Sekarang yahoo answers berubah warna menjadi ungu, lebih modern, lebih padat, dan tentu saja lebih banyak memakan kuota internet untuk sekali membuka halamannya.
Fitur voting dihilangkan, namun bermunculan fitur-fitur baru:
Memberi komentar pada tiap jawaban.
Menjawab pertanyaan yang sudah dipilih jawaban terbaiknya.
Fenomena user hilang
User yang seperti ini hanya menggunakan akun y!a-nya sekali saja setelah itu tidak menggunakannya lagi. Biasanya hanya digunakan untuk sekali bertanya tapi selepas itu ditinggalkan. Anehnya jumlah user seperti ini tiap harinya ada, dan jumlahnya mungkin sudah tak hitungan lagi.
Yang perlu diperhatikan di sini:
Pedoman Komunitas
Sebagai forum yang bebas dimasuki siapa saja, maka untuk menjaga kualitasnya terdapat pedoman komunitas, dimana pedoman ini harus ditegakkan oleh para penggunanya sendiri.
Awas !!! Gila POIN.
Sistem poin di y!a telah membuat beberapa orang menjadi para pengumpul poin, ingin mendapatkan banyak poin, bahkan sampai menggunakan cara-cara ilegal untuk memperolehnya. Seperti membuat dua account yang satu untuk bertanya kemudian dijawab sendiri dengan account yang lain. Kalau jawaban masih sinkron dengan pertanyaan masih mending, tapi kalau jawaban menyimpang kemudian ada penjawab lain yang lebih serius tetap dipilih menjadi jawaban terbaik, hal ini dapat meresahkan.
Polemik terbesar penuh Oknum tidak bertanggungjawab.
Mereka biasanya akan membuat provokasi dengan membuat pertanyaan yang mempertanyakan keaslian, merendakan, bahkan hingga melecehkan agama tertentu. Hal ini ketara sekali dari perilaku penanya yang hanya akan memilih jawaban terbaik dari user tertentu walau jawaban yang lain adam sehingga dapat diketahui bahwa tujuan mereka buka untuk mencari kebenaran. Sehingga pertanyaan seperti ini perlu disikapi dengan bijak.
Tanpa y!a akan lebih banyak pertanyaan yang google tidak bisa jawab.
Yahoo answers adalah forum atau situs tanya jawab yang merupakan layanan yang disediakan oleh Yahoo. Pertama diluncurkan tahun 2005, sedangkan untuk versi bahasa Indonesianya baru ada tahun 2007. Situs ini juga terkenal dengan sebutan y!a singkatan dari yahoo answers.
Cara kerja:
Yang bisa berkontribusi dalam situs ini adalah para user yang telah terdaftar. Baik untuk bertanya maupun menjawab pertanyaan.
Forum tanya jawab ini menggunakan sistem poin.
Ketika pertama bergabung akan mendapatkan 100 poin.
Ketika bertanya akan mendapatkan -5 poin (berkurang 5).
Menjawab pertanyaan mendapatkan 2 poin.
Jawaban dipilih sebagai jawaban terbaik mendapatkan 10 poin.
Dilaporkan oleh komunitas dan dinyakan melanggar pedoman komunitas mendapatkan -10 poin (dikurangi 10 poin).
Pengalaman di yahoo answers
Motivasi mendaftar yahoo answers:
Ingin membantu menjawab permasalahan orang atau menyebarkan informasi yang belum ada di google.
Latar belakang: ketika browsing di internet mencari jawaban atas beberapa ertanyaan sering menemukan jawaban yang membantu dari y!a, sehingga tertarik untuk bergabung. Barangkali bisa membantu berkontribusi.
Kontributor top
Senang juga bisa menjadi kontributor top, artinya orang-orang yang berkontribusi dalam suatu kategori atau sub-kategori dengan cara mendapatkan sekian banyak jawaban terbaik dalam satu minggu di sub-kategori tertentu. Namun khusus di kategori jajak pendapat dan survei tidak terdapat hal ini.
Yahoo answers dulu dan sekarang:
Dulu:
Yahoo answers berwarna hijau nyaman dilihat, selain karena lebih banyak ruang kosong.
Ada fitur voting, bila pertanyaan dibiarkan saja oleh penanya, maka otomatis akan mesuk ke masa voting, penjawab yang mendapatkan suara terbanyak akan mendapatkan best answer. Masa voting dibatasi sampai 4 hari dan bisa diperpanjang 2 hari, namun bila belum ada suara atau ada jawaban dengan jumlah vote sama dan merupakan jumlah vote terbanyak maka akan terus dalam masa voting hingga salah satunya mendapat vote lebih banyak dari yang lainnya.
Ramai sekali, hampir tiap detiknya muncul pertanyaan baru. Terutama kategori Hiburan dan Musik pada sub-kategori Jajak Pendapat dan Survei. Disini pertanyaannya cenderung bebas dan ceria. Kebanyakan pertanyaan tak penting juga tapi memang konyol dan kocak.
Sekarang:
Sekarang yahoo answers berubah warna menjadi ungu, lebih modern, lebih padat, dan tentu saja lebih banyak memakan kuota internet untuk sekali membuka halamannya.
Fitur voting dihilangkan, namun bermunculan fitur-fitur baru:
Memberi komentar pada tiap jawaban.
Menjawab pertanyaan yang sudah dipilih jawaban terbaiknya.
Fenomena user hilang
User yang seperti ini hanya menggunakan akun y!a-nya sekali saja setelah itu tidak menggunakannya lagi. Biasanya hanya digunakan untuk sekali bertanya tapi selepas itu ditinggalkan. Anehnya jumlah user seperti ini tiap harinya ada, dan jumlahnya mungkin sudah tak hitungan lagi.
Yang perlu diperhatikan di sini:
Pedoman Komunitas
Sebagai forum yang bebas dimasuki siapa saja, maka untuk menjaga kualitasnya terdapat pedoman komunitas, dimana pedoman ini harus ditegakkan oleh para penggunanya sendiri.
Awas !!! Gila POIN.
Sistem poin di y!a telah membuat beberapa orang menjadi para pengumpul poin, ingin mendapatkan banyak poin, bahkan sampai menggunakan cara-cara ilegal untuk memperolehnya. Seperti membuat dua account yang satu untuk bertanya kemudian dijawab sendiri dengan account yang lain. Kalau jawaban masih sinkron dengan pertanyaan masih mending, tapi kalau jawaban menyimpang kemudian ada penjawab lain yang lebih serius tetap dipilih menjadi jawaban terbaik, hal ini dapat meresahkan.
Polemik terbesar penuh Oknum tidak bertanggungjawab.
Mereka biasanya akan membuat provokasi dengan membuat pertanyaan yang mempertanyakan keaslian, merendakan, bahkan hingga melecehkan agama tertentu. Hal ini ketara sekali dari perilaku penanya yang hanya akan memilih jawaban terbaik dari user tertentu walau jawaban yang lain adam sehingga dapat diketahui bahwa tujuan mereka buka untuk mencari kebenaran. Sehingga pertanyaan seperti ini perlu disikapi dengan bijak.
Tanpa y!a akan lebih banyak pertanyaan yang google tidak bisa jawab.
y!a sudah ditutup bersamaan dengan yahoo
Tapi Sekarang ada QUORA
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus