Minggu, 17 November 2013

Aksi Pembalap Indonesia di moto2 2013

Pembalap Indonesia kembali ke ajang grand prix dunia pada tahun 2013 tidak cuma 1 tapi 2 pembalap Indonesia turun secara penuh untuk kejuaraan moto2 2013. Ditambah ada satu lagi pembalap Indonesia yang turun wildcard di sirkuit Sepang.


1. Doni Tata Pradita

Tempat, tanggal lahir: Sleman, 21 Januari 1991
Umur (tahun 2013): 22 tahun
No motor:  7
Tim: Federal Oil Gresini Moto2
Sasis: Suter
Inisial: Pra (PRAdita)
Grand Prix debut: 125cc, Sepang, 2005
Jumlah balapan (2013): 16
Prestasi terbaik: 
- start ke: 25
- finis ke:15 
Peringkat klasmen: 28 (1 poin)
Doni Tata kembali ke ajang balap grand prix dunia, setelah terakhir pada tahun 2008 di kelas 250cc. Awal karier di ajang grand prix dunia diawali dari tampil wildcard di sirkuit Sepang Malaysia tahun 2005-2006(125cc) dan 2007(250cc) dengan motor yamaha.
Di tahun 2008 ia membalap semusim penuh bersama tim yamaha pertamina Indonesia dan berhasil memperoleh 1 poin hasil dari finis ke 15 di sirkuit Shanghai China, namun ia kerap kali ke overlap.
Pada tahun 2009 ia pindah ke kejuaraan worldsupersport, membalap bersama pembalap terkenal seperti Kenan Sofuoglu, Andrew Pitt, Anthony West, dan juara tahun itu Cal Crutchlow yang sama-sama menggunakan motor yamaha. Penampilannya sebenarnya nampak baik, sempat beberapa kali finis di zona poin pernah juga hampir finis 10 besar namun kemudian terjatuh sesaat setelah balapan di restart, pasca terlibat insiden di San Marino tersebut dan harus absen selama beberapa seri, ia nampak kesulitan untuk kembali finis di 15 besar, bahkan sering tidak finis.
Di musim kompetisi 2013 ia mendapat kesempatan untuk balap di kelas moto2 bersama tim Gresini moto2 yang disponsori oleh Federal Oil. Menggantikan posisi Gino Rea. Namun nampaknya ia masih kesulitan untuk bersaing menembus papan tengah, ia seringkali berada di belakang walaupun tidak teroverlap lagi. Ia pun sempat digantikan oleh pembalap Italia di seri San Marino. Penampilannya baru nampak meningkat sejak saat itu dan sejak memasuki seri balap di Asia-Australia, atau di seri-seri akhir, dan berhasil meraih poin pertamanya di Philip Island.
Aksi-aksi:
- Doni sempat menyusul beberapa pembalap sekaligus dalam satu lap atau mungkin bahkan dalam satu tikungan. Terlihat di Gp Prancis dan Gp Jepang. Kemudian di Phillip Island walau sempat tercecer ke belakang namun ia dapat kembali menyusul satu per satu pembalap di depannya dan finis ke 15.
- Dua kali jatuh saat balapan yaitu di Sirkuit Mugello Gp Italia dan di Sirkuit Motegi Gp Jepang.
Sponsor:
- Federal Oil


2. Rafid Topan Sucipto

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 24 Agustus 1994
Umur (tahun 2013): 18-19 tahun
No motor: 97
Tim: QMMF Racing Team
Sasis: Speed Up
Inisial: Suc (SUCipto)
Grand Prix debut: moto2, Valencia, 2012
Jumlah balapan (2013): 17
Prestasi terbaik:
- start ke: 5
- finis ke: 20
Rafid Topan Sucipto memulai petualangannya di moto2 sejak di seri pamungkas moto2 tahun 2012 di sirkuit Valencia. Sebenarnya ia baru membalap mulai tahun 2013, namun karena Anthony West mengalami masalah dan dilarang membalap di seri terakhir, dan ia sudah tanda tangan kontrak dengan tim QMMF untuk tampil tahun depan, ia pun mendapat kesempatan untuk tampil menggantikan West di Valencia.
Penampilannya di 2013, ia masih sering teroverlap. Maklum saja karena tahun pertamanya di moto2 dan ia masih muda dan belum punya pengalaman yang cukup.  Namun ia juga yang paling sering tersorot kamera diantara pembalap Indonesia lainnya. Prestasi terbaiknya adalah saat ia mampu meraih start di posisi ke 5 di seri Motegi Jepang, dalam kualifikasi yang berlangsung dalam kondisi basah, ia membawa bendera merah putih di starting grid sesaat sebelum start. Penampilan Topan nampak mulai membaik sejak memasuki seri-seri di Asia-Australia. Namun sayangnya ia terjatuh di dua balapan terakhir, dan juga belum meraih poin. Ia pun juga tercatat sebagai pembalap yang paling sering jatuh dari semua kelas dengan 26 kali terjatuh.
Aksi-Aksi:
- Rafid Topan cukup sering terjatuh sebanyak 26 kali terjatuh dari 17 putaran balapan moto2 2013. Yang paling fenomenal adalah saat di Sirkuit Catalunya saat kakinya nyaris terhantam ban belakang motornya yang kehilangan kendali. Yang parah juga saat di Mugello di mana ia juga menyeret Doni Tata. Gagal menyelesaikan balapan karena terjatuh sebanyak 5x di Austin, Mugello, Catalunya, Motegi, dan Valencia.
- Rafid Topan biasa melakkan start dengan baik walau biasa pula start dari paling belakang, dengan menyusul beberapa pembalap selepas start.
-  Prestasi terbaiknya adalah start kelima di Gp Jepang. Biar berada di posisi kelima ia sempat lama berada di posisi kedua. Beberapa kali sempat hampir berada di posisi pertama dengan selisih yang sangat tipis dari posisi pertama, sempat turun ke tujuh kemudian bisa kembali lagi ke posisi kelima. Sayangnya di detik-detik akhir ia justru terjatuh, begitu juga di race saat balapan menyisakan 4 putaran.

Sponsor:
- Evalube
- KYT
- Semen Bosowa 

3. Muhammad Fadli Immammuddin

Tempat, tanggal lahir: Bogor, 25 Juli 1984
Umur (tahun 2013): 29
No motor:  62
Tim: JIR moto2
Sasis: Motobi
Grand Prix debut: moto2, Sepang, 2013
Jumlah balapan (2013): 1
Prestasi terbaik:
- start ke: 31
- finis ke: -
M. Fadli mendapat jatah untuk tampil wildcard sebagai pengganti Mike Di Meglio khusus di Gp Malaysia di Sirkuit Sepang. Di tingkat nasional ia pun sudah banyak mengantongi berbagai prestasi. Di kualifikasi ia berhasil start dari posisi ke 31 mengungguli Rafid Topan, namun saat lomba sayangnya belum penuh satu putaran, ia sudah harus keluar dari balapan karena tidak bisa menghindari dan  menabrak motor Axel Pons yang tergeletak di tengah lintasan. Untungnya ia tidak mengalami cedera yang berarti.
Aksi-aksi: 
- Jatuh cukup parah di Sepang karena menabrak motor pembalap lain sehingga sempat terpental dan berputar di udara sebelum mendarat di tanah. Namun ajaibnya ia masih selamat tanpa alami cedera parah.
- Sebelum jatuh sempat menyusul juga.

Generasi selanjutnya:

4. Dimas Ekky Pratama

5. Andi Farid Idzdihar

6. Gerry Salim

7. Mario Suryo Aji




Walau bagaimanapun juga mereka adalah para pembalap Indonesia yang membawa nama bangsa dan negara, yang telah berusaha keras untuk semakin di depan. Maka kita tetap harus kita memberi dukungan kepada mereka.


FOTO-FOTO
 
 
 
 
 
 


VIDEO 2013



post terkait:
Pembalap Indonesia terlibat insiden beruntun di Sirkuit Sepang
Prestasi terbaik pembalap Indonesia di grand prix sepeda motor 
Kumpulan Video Aksi Pembalap Indonesia di Motogp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar