Jumat, 12 Desember 2014

Kelebihan dan Kerkurangan Sepeda dibandingkan Sepeda Motor

Sepeda adalah  kendaraan roda dua(umumnya) sampai roda empat, yang digerakkan dengan cara dikayuh/dipedal menggunakan kaki.
Seiring waktu berjalan ditemukanlah yang namanya motor atau mesin penggerak. Tenaga manusia pada sepeda kayuh pun digantikan dengan tenaga mesin yang umumnya tenaganya bersumber dari bensin.
Jadilah sepeda motor.



Sepeda:
KELEBIHAN:
Sebagai salah satu alat transportasi tradisional yang masih terus eksis dengan berbagai perubahannya sepeda memiliki beberapa kelebihan dibandingkan sepeda motor.

Tidak Perlu Bahan Bakar Khusus
Bahan bakar yang dibutuhkan adalah makanan dan minuman untuk orang yang bersepeda (tenaga manusia). Karena bisa bergerak kalau dikayuh oleh yang menggunakan. Tak perlu bahan bakar minyak (bensin dan solar), paling cuma perlu oli sebagai pelumas pada bagian-bagian tertentu. Jadinya, tak perlu ngantri di pom bensin serta tak pusing ongkos bensin dibuat harga bbm.

Tanpa Polusi
Sehubungan tidak menggunakan bahan bakar minyak jadi juga tak menghasilkan polusi udara yang berarti seperti asap dan bau tak sedap.

Tidak Kena Tilang
Ini dia kelebihan lainnya tak perlu khawatir ditilang polisi lalu lintas selama bukan sepeda curian dan juga tidak nyleneh yang membahayakan keselamatan orang lain. Mau pakai helm atau tidak, bawa surat ijin atau tidak, tak kena tilang.

Sambil Jalan Sambil Olahraga
Selain sebagai sarana transportasi sepeda juga bisa untuk berolahraga. Dengan mengayuh berarti kita sudah mengeluarkan tenaga kita untuk bergerak beraktivitas selama kita bisa menikmatinya.

Lebih Mudah Diangkat dan Dipindahkan Kalau Mogok
Dengan desain yang lebih simpel dan tidak membutuhkan mesin seperti sepeda motor membuat sepeda menjadi lebih ringan untuk dipindahkan atau diangkat. Jika sedang mogok atau masuk ke sebuah lubang atau selokan sepeda akan lebih mudah dikeluarkan karena lebih ringan.



KEKURANGAN:
Tidak ada yang sempurna di dunia ini, apalagi untuk benda yang bernama sepeda. Secara umum kekurangan sepeda dibanding sepeda motor ada pada kecepatannya terutama kecepatan maksimalnya. Selain itu masih ada lagi kekurangan yang lainnya. Ini dia kekurangan yang lainnya.

Tanjakan
Ini dia salah satu tantangan untuk pesepeda yaitu melewati jalur yang menanjak. Jika tanjakan curam dan sudah tak kuat lagi tidak ada pilihan lain lagi selain didorong. Sementara sepeda motor masih bisa lebih kuat lagi di gas selama mesin masih kuat juga, jika tidak oper ke gigi rendah (kecil) kalau masih tidak kuat juga ya sama seperti yang di atas. Untuk menghadapi tanjakan untuk sepeda yang memiliki gigi/gear yang banyak (multiple gear) maka supaya lebih ringan dipedal pindah rantai pada gear depan ke yang lebih kecil dan yang belakang ke yang lebih besar. Maka akan lebih ringan walau top speed nya otomatis juga berkurang.

Tidak Ada Spionnya
Spion sudah menjadi bagian yang penting dalam kendaraan. Dengan adanya spion maka pengendara tak perlu menengok ke belakang untuk mengetahui keadaan di belakangnya. Akan tetapi tidak pada sepeda. Karena lajunya yang terhitung cukup pelan dan biasanya tidak pakai helm, menengok ke belakang tak akan terlalu mengganggu.
Sepertinya sekitar lebih dari 95% sampai kurang dari (100 - 1/)% alias 99,999...%, sepeda tidak dilengkapi dengan spion. 
Spion sendiri akan membantu jika dalam kondisi di depan ramai dan juga di belakang ramai, sehingga bisa lebih hati-hati jika mau berpindah jalur atau mau menikung tanpa banyak menengok ke belakang. Terutama jika leher sedang sakit.
Selain itu juga untuk mengetahui kondisi di belakang sehingga bisa melakukan antisipasi.



Ayo ngonthel
Ayo ngonthel (ayo bersepeda) !!! klik untukdapatkan kaos unik ini

4 komentar:

  1. mantap nih sepede + motor ( mesin ) jadi sepeda motor hehe
    bisaan aja min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,
      namanya saja sepeda motor, sepeda yang ada motornya (mesin penggerak).
      Selain itu memang ada persamaan pada dua roda: depan & belakang, stang, tempat duduk, dan rantai untuk memutar roda belakang.

      Hapus
  2. Yang jelas naik sepeda lebih ok dari pada sepeda motor, sehat dan menyenangkan ^_^

    BalasHapus
  3. Pilihlah jalan kaki,,, spy hemat, sehat dan ramah lingkungan... alat transportasi turun temurun... :D

    BalasHapus