Jumat, 12 Desember 2014

Perbedaan Balap Motor dengan Mengendarai Motor Biasa

Tujuan
Tujuan dari balapan yaitu jadi yang lebih cepat hingga yang tercepat diantara yang lainnya.
Tujuan dari berkendara adalah menaiki sebuah kendaraan agar dapat sampai tempat tujuan (dengan selamat tentunya).


Riding Style (gaya/cara/teknik berkendara)
Dalam balapan diperlukam untuk mengerahkan segala skil dan kemampuan yang dimiliki untuk jadi yang tercepat. Salah satunya dapat dilihat dari teknik berkendara yang tidak biasa. Menunduk atau membungkuk saat melewati lintasan lurus, serta memiringkan dengan ekstrim motornya hingga lutut  dan sikutnya menyentuh aspal saat menikung, ngerem habis-habisan dekat dengan tikungan.
Dalam berkendara cukup dikerahkan skil dan kemampuan secukupnya sesuai dengan kondisi. Posisi saat berkendara diusahakan nyaman atau santai tetapi tetap konsentrasi sehingga tidak cepat membuat lelah. Cukup duduk dengan tegak tak perlu membungkuk yang bisa membuat punggung lebih cepat lelah. Kalau berbelok jangan terlalu cepat, kurangi kecepatan sebelum menikung dan jangan terlalu memiringkan motor hingga mepet aspal. Kalau mengerem jangan sering mendadak selain bisa membuat tangan lebih cepat lelah, juga bisa mengejutkan pengendara lain. Yang penting selamat sampai tujuan.

Lintasan/Jalanan
Lintasan balap akan lebih teratur.
Permukaan cenderung halus, jalurnya sudah ditentukan, sambung tidak putus alias berputar putar, pinggiran lintasan zona kosong aman. Kerb pada lintasan balap biasanya terletak di zona tikungan, dicat warna warni, sering diinjak pembalap.
Lintasan jalanan biasa permukaannya lebih bervariasi, biasanya banyak yang bumpy atau bergelombang, pinggir jalan bisa berupa apa saja: rerumputan, bebatuan, tembok, atau bahkan jurang. Kerb berupa pembatas jalan seperti trotoar, tidak boleh dinaiki, kalau dari aspalan naik ke kerb malah bisa jatuh.



Perlengkapan dan Peralatan yang Dibawa
Saat balapan yang wajib dipakai adalah naju balap, helm, sarung tangan, dan sepatu balap. Tambahannya hanya berupa sebotol air minum yang bisa diselipkan dalam baju balap.
Saat berkendara yang wajib dipakai ada helm. Yang wajib dibawa ada SIM, STNK, dan surat-surat lain. Tambahan yang bisa dibawa seperti jas hujan, uang buat jaga-jaga, peralatan sederhana untuk memperbaiki motor sendiri, tambah peta biar tak tersesat.

Spion
Spion itu penting dalam berkendara. Yaitu untuk mengetahui kondisi di belakang kita tampa harus banyak memengok ke belakang saat melaju sehingga dapat tetap lebih fokus ke depan. Dengan spion akan lebih aman untuk memperkirakan kapan dan apa yang akan dilakukan seperti saat ingin menikung atau pindah jalur.
Dalam balapan motornya memang tidak dipasangi spion dengan alasan dapat mengganggu keaerodinamisan motor karena memperbesar gesekan dengan udara.
Saat berkendara spion harus tetap dipasang agar lebih aman untuk yang sudah memiliki kesadaran diri dan agar tidak ditilang polisi buat yang belum sadar pentingnya spion. Lagipula tak akan terlalu mengganggu laju motor karena masalah aerodinamis, karena juga tak perlu melaju secepat pembalap yang sedang balapan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar