Rabu, 11 Oktober 2023

Opsi Cari Rute Naik Kereta Api dari Semarang ke Jogja Yogyakarta

Cari rute mau naik kereta api dari Kota Semarang ke Jogja? Naik Joglosemar saja !

Eits tapi itu dulu...

Karena sekarang sudah tidak ada kereta Joglosemar, Lantas bagaimanakah caranya kalau ingin naik kereta dari Semarang ke Yogyakarta?


Ini dia min blog sampaikan beberapa alternatifnya:


1. Rute Semarang - Yogyakarta

Opsi kereta untuk rute ini adalah Joglosemarkerto (Jogja-Semarang-Purwokerto)

Namun sayangnya kebanyakan rutenya berlawanan dari arah jarum jam yaitu dari Semarang, mampir lewat Brebes, Purwokerto, baru menuju Jogja. Butuh waktu lebih dari 7 jam perjalanan. Harganya mulai dari 200rb per orang untuk kelas ekonomi. Rute ini hanya cocok bagi mereka yang ingin jalan-jalan berwisata menaiki kereta api.

Beruntunglah kamu andai menemukan rute kereta Joglosemarkerto yang berlawanan arah jarum jam dari Semarang melewati Solo lalu Jogja hanya sekitar dua setengah jam. Seperti kereta Joglosemar dahulu. Selain lebih mempersingkat waktu perjalanan juga lebih murah. Namun sayangnya rute yang ini sangat jarang dijumpai.



2. Rute Semarang - Solo - Yogyakarta

Alternatif dari rute pertama yaitu dari Kota Semarang ke Kota Solo menggunakan kereta antar kota. Misalnya seperti kereta Banyu Biru, Matarmaja, dll menyesuaikan jam keberangkatan kita dan keberangkatan kereta berikutnya ke arah Jogja. Tarif Rute Semarang-Solo mulai dari Rp 36.000 dan Rp 120.000 untuk kelas ekonomi tergantung jenis keretanya.

Lalu berikutnya berganti kereta menggunakan kereta Commuter Line yang lebih murah yaitu kereta Pramek (Prambanan Ekspress) untuk perjalanan menuju Yogyakarta. Selain lebih murah (tarif kurang dari Rp 10rb) Pramek juga memiliki lebih banyak pilihan waktu keberangkatan, jadi tinggal menyesuaikan saja dengan waktu tiba di Solo asal jangan terlalu malam. 

Kereta Pramek ini memiliki rute maksimal hingga Purworejo (harus berganti kereta Pramek di Stasiun Yogyakarta).


Adapun pemesanan tiket, jadwal, dan rute bisa dicek di aplikasi ACCESS by KAI. 

Bisa diunduh di Play Store.

Bagaimana sudah menemukan rute dan jadwal pilihan kamu. Selamat menikmati perjalanan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar