Rabu, 04 Oktober 2023

Blogging: Mencari Inspirasi Menulis Blog

Mau rajin menulis blog tetapi bingung mau menuliskan apa.

Min Blog kasih inspirasi buat para penulis blog semuanya, ini diantaranya:


1. Menuliskan Pengetahuan yang Diketahui

Pengetahuan bisa kamu dapat dari mendengarkan seminar atau webinar atau pengajian mengenai ilmu baru yang menarik yang baru kamu ketahui dan kamu yakini kebenarannya. Sebaiknya juga lakukan validasi seperti mencari sumber artikel pendukung maupun mengkonfirmasi ulang informasi yang kamu peroleh. Jangan dishare deh kalau lupa-lupa ingat, beresiko menyesatkan orang lain nanti hehe.


2. Menerjemahkan Artikel atau Tulisan

Berbahasa Luar ke Bahasa Indonesia
Masih sama dengan nomor pertama tetapi kali ini kamu mendapatkan ilmu dari artikel berbahasa lain baik dari buku maupun dari sember lain yang belum kamu temukan versi Indonesia nya.


3. Menuliskan Pengalaman

Semua orang pasti memiliki pengalaman. Mulai dari pengalaman jalan-jalan ke suatu tempat sampai pengalaman masa sekolah ataupun pengalaman ketika menghadapi situasi tertentu.



4. Tuliskan Segala Sesuatu Tentang Hobi

Mulai dari pengalaman unikmu, informasi ataupun pengalaman mengenai event terkait hobi, biografi orang penting terkait hobimu bisa jadi seorang penemu maupun idol. Misal orang yang hobi memasak bisa menuliskan review peralatan apa saja yang berguna untuk memasak, resep-resep, review restoran atau tempat makan, event perkumpulan, biografi seorang chef, dll.


5. Membuat Tutorial Cara Mengerjakan Sesuatu

Inilah salah satu jenis tulisan yang bermanfaat dan dibutuhkan banyak orang tentunya. Bisa membuat tutorial mengenai berbagai hal mulai dari merangkai alat, memasak, membuat karya dari barang bekas, memperbaiki sesuatu, mengoperasikan aplikasi atau alat, cara memesan tiket, cara menggunakan rumus excel, dll.  Bisa juga menuliskan cara mengerjakan soal matematika / fisika / kimia.


6. Membuat Review Produk

Terutama yang sudah pernah digunakan langsung. Mulai dari harga, spesifikasi, keunggulan, dan kekurangannya. Selain produk  bisa juga membuat review tempat seperti hotel dan alat transportasi umum. Selain itu bisa juga membuat ulasan mengenai buku atau film yang baru rilis.


7. Menulis Cerpen

Ini dia buat kamu yang punya imajinasi tinggi bisa menuliskan cerpen-cerpenmu di blog. Begitu juga karya lain seperti puisi atau pantun.


8. Mempublikasi Tugas Zaman Sekolah / Kuliah

Masih ingat tugas-tugas sulit zaman sekolah terutama zaman kuliah. Tugas zaman kuliah lebih sulit ditemukan di google daripada tugas zaman sekolah SD/SMP/SMA. Tentunya akan membantu banyak orang jika tugas yang susah jawabannya bisa ditemukan dengan mudah di internet.


9. Membuat Daftar Hal-Hal Unik

Masih ingat program televisi on the spot di t7? Yup seperti itulah kira-kira gambarannya. Contohnya: 7 Wisata Pantai Terindah di Indonesia, 10 Kota Paling Berpolusi di Dunia, Daftar Hotel dengan Private Pool di Yogyakarta klik sini, dll.


10. Menganalisis Suatu Peristiwa

Banyak peristiwa yang terjadi mulai dari event olahraga seperti sepak bola, balap motor, hingga olimpiade. Analisis terhadap event-event tersebut akan sangat menarik terutama ketika event tersebut mempunyai nilai yang besar. Misal seperti final piala dunia. Taktik sebuah tim untuk meraih kemenangan dari awal hingga akhir. Bisa juga mengenai suatu peristiwa seperti insiden tertentu namun harus menggunakan data yang valid.


11. Menulis Berita

Cocok bagi kamu yang seorang jurnalis asal jangan copy paste berita. Usahakan mewawancarai langsung dan sesuai kaidah yang berlaku. Bedanya berita ialah tidak harus dianalisis terlalu mendalam cukup 5W + 1H serta peristiwa lebih umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar