Selasa, 17 Oktober 2023

Ketika Kulit Kering Kambuh Gatal-Gatal di Tengah Perjalanan

Bagi pengidap psoriasis atau juga eksim kering maka salah satu hal yang dikhawatirkan adalah ketika ia kambuh sewaktu-waktu salah satunya saat dalam perjalanan. Gejala awal yang timbul yaitu gatal-gatal pada area kulit yang kering.

Apakah yang harus dilakukan ketika kulit mengalami gatal-gatal tak tertahankan dalam waktu lama?

Sedangkan sedang dalam posisi lupa tidak membawa pelembab atau obat salep karena dirasa kondisi sebelum berangkat baik-baik saja.

Jawabannya bisa menggunakan obat alternatif yaitu minyak kayu putih. Dengan catatan bagian kulit yang gatal belum sampai terjadi infeksi parah atau pada kondisi tertentu menjadi eksim basah.


Pengalaman min blog ketika kulit kering bersisik kambuh rasa gatal tak tertahankan di bagian kaki. Sehingga terpaksa diinjak-injak bagian yang gatal sekitar jari. Bahkan kondisinya sampai sempat muncul titik-titik lubang luka yang nampak dalamnya sudah basah. Langsung min blog oleskan minyak kayu putih cukup banyak beserta seluruh lokasi kulit yang kering dan sekitarnya. Pada awalnya bagian luka terasa amat perih. Namun selang beberapa menit baik perih maupun gatalnya makin mereda dan berhasil mencegah terjadinya peradangan atau bahkan infeksi eksim basah sebagaimana yang sudah-sudah terjadi berdasarkan pengalaman.

Mengapa memakai minyak kayu putih?

Pertama, minyak kayu putih bersifat anti-inflamasi (peradangan). Pada pengidap eksim, gatal pada bagian kulit kering yang dibiarkan lama-lama akan terjadi infeksi terlebih jika digaruk. Untuk itu digunakan minyak kayu putih untuk meredakan gatal-gatal dan penyebabnya ketika tidak membawa obat sesungguhnya. 

Dikutip dari alodokter.com bahwa minyak kayu putih diyakini dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka kecil. Hal ini karena senyawa kimia di dalamnya diketahui dapat mempercepat penyembuhan luka. Manfaat ini bisa didapat karena minyak kayu putih memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antijamur. Termasuk dalam hal ini yaitu dapat meredakan gatal-gatal yang disebabkan oleh infeksi bakteri/jamur seperti pada kulit yang terkena eksim kering.

Kedua, yaitu tentu saja karena mudah didapatkan. Biasanya selalu dapat ditemukan di minimarket. Selain itu biasanya jika pergi secara rombongan terdapat orang yang berjaga-jaga membawa minyak kayu putih karena takut masuk angin

Meski bisa meredakan gatal dan mencegah terjadinya infeksi lanjutan pada pengidap eksim kering maupun psoriasis, namun hal ini tidak serta merta menyembuhkan dan berpeluang kambuh beberapa jam kemudian. Maka jika hal ini terjadi tinggal oleskan lagi bagian kulit yang gatal dengan minyak kayu putih.


Penyebab kulit kering yang tadinya baik-baik saja namun menjadi kambuh gatal-gatal berpotensi meradang di tengah perjalanan diantaranya disebabkan oleh:

- Stres (kondisi tidak nyaman selama perjalanan)

- Dehidrasi

- Kondisi udara kering

- Kebersihan kurang terjaga (jarang mencuci kaki padahal melewati tempat berdebu/kotor)

Sebenarnya akan lebih baik lagi jika dapat mencegah dengan memakai jeli petrolium sebagai pelembab sebelum kambuh. Namun jika sudah terlanjur dan dirasa akan kambuh harus segera ditangani untuk mencegah terjadinya infeksi dan menjadi eksim basah karena akan memberikan rasa yang lebih tidak nyaman dan lebih lama pemulihannya.

Ternyata manfaat membawa minyak kayu putih saat perjalanan jauh sangat banyak. Selain untuk menghangatkan tubuh, meredakan masuk angin, juga dapat untuk mencegah peradangan pada kulit yang gatal-gatal. Jadi minyak kayu putih merupakan benda yang wajib dibawa saat perjalanan.

1 komentar: