Selasa, 05 September 2023

Bukan Influencer: Tips Promosi Affiliate Marketplace

Apasih program affiliate itu?

Affiliate atau afiliasi adalah program yang diadakan oleh marketplace seperti shopee, tokopedia, lazada, dll dimana marketplace akan memberikan komisi kepada user yang terdaftar dalam program tersebut jika berhasil menghasilkan penjualan dari link khusus yang dibagikan oleh user tersebut. Link bisa dibagikan melalui sosial media atau yang lain seperti blog. Namun tiap marketplace mempunyai syarat dan ketentuan yang berbeda-beda yang harus dicermati.

Buat temen-temen yang coba terjun ke dunia affiliate shopee tokopedia lazada atau yg lain untuk cari komisi penghasilan tambahan Ada tipsnya nih. 

Apalagi kamu yang bukan artis atau influencer pastinya gak akan segampang mereka lho untuk dapat orderannya

Nah yuk simak tipsnya:

1. Perhatikan Rating Barang dan Jumlah Terjual

Pilih barang yang ratingnya tinggi misal bintangnya 4,8 ke atas dan jumlah barang yg terjual sudah banyak. Hal ini dapat menunjukan kualitas barang dan seller, sehingga tak perlu ragu lagi untuk membantu mempromosikan barangnya. Selanjutnya perhatikan review/ulasan pada bagian bintang 1 & 2 , selama tidak ada yg mengulas sebagai penipu atau curang maka aman, tetapi jika ada banyak hendaknya jangan kita sebarkan link barang tersebut. Karena kita turut bertanggung jawab atas apa yang kita sebarkan.



Contoh Terjual ribuan, dan mendapat review bintang 5 dari 724 ulasan


2. Pastikan Harga Barang Wajar

Jangan tergiur dengan harga barang yang terlihat sangat murah karena bisa saja terjadi penipuan. Misal di sebuah marketplace ada yg menjual HP Samsung S23 Ultra seharga Rp1.500.000. Padahal harga normalnya bisa Dua Puluhan Juta. Maka hal-hal seperti ini harus kita waspadai. Jangan kita ikut share linknya.

Pengalaman pribadi waktu itu pernah membeli Hardisk Eksternal 2 TB seharga 600rb an, padahal normalnya untuk kapasitas 2 TB bisa diangka 2jt an waktu itu. Dan benar saja ternyata kapasitas aslinya hanya setara 700 GB saja dan telah dimanipulasi agar angka yang muncul di rinciannya terbaca 2 TB, akhirnya setelah beberapa bulan rusaklah barang tersebut, padahal sudah terlanjur memberi ranting bintang 5. Dan setelah dicek lagi ternyata direview produknya tidak sedikit yang memberi rating bintang 1 dan merasa tertipu. Makanya jika lihat barang yg tidak wajar harganya dan berlangsung lama jangan dipromosikan meski bintangnya tinggi bisa jadi mereka memberi rating tinggi karena belum lama menggunakan barang yg dibeli atau bahkan belum dipakai sama sekali.

 
Contoh produk mencurigakan dimana harganya lebih murah dan tidak wajar, meski mendapat rating tinggi namun kita lihat ada banyak yang memberi rating bintang satu. Hendaknya hindari mempromosikan produk yang seperti ini


3. Bikin Konten di Sosial Media Lalu Sisipkan Link

Banyak cara untuk mempromosikan barang contohnya dengan
> Menunjukan keunikan atau keunggulan suatu produk

> Menunjukan tutorial cara penggunaan suatu produk

Bentuknya bisa berupa Video ataupun tulisan.

Youtube: Buat video ulasan atau tutorial, lalu sisipkan link affiliate di deskripsi. Contoh: affiliate-lewat-youtube-lampu-antariksa

Instagram: Unggah foto atau video melalui story lalu tempelkan tautan link affiliate. Opsi kedua tampilkan foto atau video reels ig lalu beri nomor urut barang yang dipromosikan dan arahkan klik link list barang yang ada di bio yang sudah disusun. Bisa menggunakan link.tree atau s.id.

Tiktok: Tiktok memiliki program affiliate tersendiri, jika kamu sudah terdaftar tinggal tambahkan produk ke video kamu. Tetapi jika belum dapat menggunakan cara yang sama seperti di reels ig.

Blog: Tulislah ulasan secara panjang lebar seperti review buku atau sekelompok produk dengan fungsi tertentu. Contoh: solusi-rumah-banyak-tikus-tanpa-takut-bau


4. Jemput Bola dengan Jawab komentar di FB / Twitter / Chat Langsung

Promosikan link barang dengan menjawab komentar di media sosial seperti twitter, youtube, fb, quota, maupun whatsapp yang kiranya dapat menjadi solusi atau inspirasi dalam memecahkan masalah orang lain.

Misal ada twit:

"Duh hadiah ulang tahun buat anak apa ya?"

Maka cari saja di marketplace hadiah ulang tahun anak dan akan menampilkan banyak produk terkait, lalu bagikan link produk yang representatif.

Bisa juga buat story di whatsapp atau instagram dan hanya ditujukan ke orang tertentu.


5. Perhatikan Peraturan di masing-masing Marketplace

Beda marketplace beda aturan mainnya ya. Beda pula besar komisinya. Usahakan jangan sampai melakukan hal yang melanggar kebijakan di masing-masing marketplace. Misal ada yang mewajibkan akun sosial media yang didaftarkan harus aktif kalau tidak sulit cairnya.


6. Gabung Komunitas Affiliate

Grup komunitas affiliate bisa dicari seperti di telegram atau facebook yang semua orang bebas bisa bergabung. Kamu Bakal bisa tanya jawab secara langsung dan dijawab oleh user yang sudah berpengalaman ketika menemui suatu masalah. Ini spill linknya

Shopee: https://t.me/shopee_Affiliate_terbaru

Tokopedia: https://t.me/gotoyunip



Ada yang punya tips super lainnya? 😁

Yuk sharing

1 komentar:

  1. Ciri lain kalau penipu...
    Biasanya ngejer banget..., suruh suruh segra transfer duit, telpon berulang ulang...

    BalasHapus