Kamis, 07 September 2023

Cara Mendeteksi Penjual Penipu di Marketplace

Hati-Hati jangan sampai kamu kena penipuan di marketplace seperti shopee, tokopedia, lazada, dan lain-lain. 

Berikut ini cara mendeteksi penjual penipu alias tidak menjual barang sebagaimana yang dideskripsikan/ditampilkan gambarnya secara mudah tanpa perlu tanya-tanya.


PERTAMA: Harga Tidak Wajar

Harga Terlalu Murah di Bawah Standar dalam Waktu yang Lama diBandingkan Barang Aslinya. Misal HP Samsung S21 Ultra dijual dengan harga 21juta di pasarannya. Namun ada toko online yang menjualnya dengan harga kurang dari 1,5 juta dengan dalih Flash Sale atau Cuci Gudang, namun setelah beberapa jam bahkan beberapa hari kita cek harganya ternyata masih sama. Maka waspadalah!

Kalau diperhatikan penjual memang tidak menyebutkan merk Samsung maupun Oppo, namun hanya menggunakan nama seri nya saja serta menyamakan casing nya, ini bisa dijadikan dalih penjual. Harga normal samsung S23 Ultra pada kisaran sekitar 20juta rupiah, sedangkan Reno 9 Pro dijual mulai kisaran 7 jutaan. Harga secondnya saja Samsung S23 U masih di atas 10jutaan sedangkan oppo reno series bawahnya saja masih 5jutaan. Maka akan sangat aneh jika ada penjual yang menjualnya hanya dengan harga sejutaan.


KEDUA: Rating

Bintang 🌟 dan 🌟🌟 nya cukup banyak menembus ratusan.

Kalau penipu kok bisa dapat bintang 🌟🌟🌟🌟🌟 🤔?

Ada dua kemungkinan:

1. Penipu kadang mengirim barang asli biar dapat review bagus dan orang lain tertipu atau memanipulasi ulasan dengan partnernya.

2. Pembeli belum menggunakan barang yang dia beli cukup lama tapi langsung memberikan ulasan / review biar dapat koin shopee/ yang lain.


KETIGA: BACA ULASAN

Nah ini yang paling penting. Kalau banyak yang berkomentar di ulasan bahwa barang yang sampai secara nyata tidak sesuai atau bahkan banyak yang bilang penipu maka fix. Biasanya rupa barang luarnya sama tapi isi atau kualitasnya berbeda jauh.

Beda halnya jika hanya sedikit seperti ketukar bisa jadi karena beban orderan yang tinggi jadi salah kirim.

Berikut adalah ulasan dari produk hp di atas

Kalau hanya sekedar harga bisa diatur, dan bintang satu bisa saja karena salah kirim barang dan admin yang terlalu lelah menanggapi, kalau ulasan bisa lebih jelas karena ada alasannya memberi rating rendah.


Catatan: seller penipu tidak bisa menggunakan predikat official store atau mall (ada tandanya) tapi bisa jadi star seller atau power merchant pro.

Kalau lihat hp dijual murah sekali berarti kemungkinan pertama penipuan / barang KW, atau cuma jual casing nya saja 🤣 (bukan penipuan) Jangan sampai salah tangkap!


Bukan cuma HP saja ya, Contoh lain ini merupakan pengalaman pribadi

Sekitar tahun 2019, karena laptop sudah lemot sekali Kang Admin berencana membeli Hardisk Eksternal. Setelah cari-cari di toko oren akhirnya katemu produk yg Kang Admin sukai. HDD Eksternal 2 Tera Byte seharga 600rb an. Padahal normalnya untuk kapasitas segitu bisa 1,5 juta lebih, tapi karena masih kurang berpengalaman dan kurang survei produk, Langsunglah Kang Admin Check Out walau tokonya dr china dengan perasaan riang gembira hehe. 

Benar saja setelah sampai langsung di-unboxing dan wow packingnya luar biasa ada bubble tebalnya, dan langsung Kang Admin coba ternyata masuk, langsunglah Kang Admin kasih ulasan bintang 5. Namun setelah beberapa minggu pemakaian sering eror, selain itu hal mencurigakan lainnya adalah adanya instruksi agar tidak boleh di format. Memang ketika dicek melalui properties kapasitasnya 2 TB. Setelah beberapa bulan HDD Eksternalnya sering mengalami bad sector dst hingga tidak sampai setahun ia sama sekali tidak bisa dibuka. Dari situ barulah kang Admin paham kalau produk ini tidak asli tapi telah dimanipulasi, kapasitas aslinya mungkin hanya 700an GB. Dan Kang Admin baca-baca ulasan lainnya ternyata banyak juga yang memberi bintang 1, mau tak ganti sudah tidak bisa :( akhirnya cuma bisa klik tombol membantu untuk ulasan yang memberi bintang 1. 

Akhirnya Kang Admin beli lagi di Official Store  dengan kapasitas 1 TB biar tidak sebesar sebelumnya dan lebih mahal yang penting lebih terjamin kualitasnya sama sesuai budget hehe.


DARK EXPERIENCE

Pangalaman lain: Teman beli HP di instagram.

1. Harga HP Normal jika hanya 1 unit, tapi itu beli 1 dapat 1 dengan dalih cuci gudang.

2. Alamat toko katanya ada di Batam. Trik yang masuk akal kalau harga barang bisa murah disini karena bebas pajak antar negara.

3. Ditelpon pas Jumat sore kalau ada masalah di bea cukai dan meminta teman saya buat mengirim sejumlah uang dan menakut-nakuti jika tidak dikirim bisa masuk penjara. Karena tidak punya uang akhirnya pinjam uang Kang Admin :( 

4. Penipu menelpon dan meminta uang berkali-kali tidak sekali sekaligus. Penipu bisa menggunakan nada marah, sampai berkali-kali hingga tengah malam dengan total sudah mencapai belasan juta. Trik nya adalah karena Bank sudah tutup dan baru buka kembali hari Senin sehingga pengurusan perkara lebih lambat dan memberi ruang lebih kepada penipu.

4. Baru hari Sabtu ketika sudah semakin banyak orang yang terlibat baru ketahuan dan stop transfer.

5. Akhirnya lapor Polisi. Dengan menyertakan beberapa bukti screenshoot dan bukti transfer.

6. Ciri akun: 

- Komentar ditutup (tidak bisa berkomentar)

- Nama akun dan username berganti-ganti

- Ada review WA pelanggan yang puas (sorotan)

- Ada video packing banyak sekali barangnya (sorotan)

- Di Bio nya mengklaim kalau Amanah

- Profil kadang pakai foto orang asli berseragam karyawan tapi entah siapa



Kira-kira ada ciri-ciri yang lain?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar