Minggu, 10 September 2023

Ide Program Kerja Individu KKN Mahasiswa Statistika

Jurusan Statistika selama di perkuliahan pasti identiknya dengan perusahaan industri atau keuangan. Nah kalau baru KKN alias Kuliah Kerja Nyata di desa bisa buat apa dong hehe? 

Tulisan ini dibuat berdasarkan keresahan pengalaman nyata ketika KKN. Hampir seminggu dan belum ada program individu sesuai keilmuan yang menyakinkan untuk dijalankan. Akhirnya dengan The Power of Kepepet segalanya jadi mungkin hehe. Kamu jangan sampai seperti ini, agar tidak ruwet di akhir masa KKN.

Oke langsung saja, Kang Admin bagikan program kerja individu KKN buat Mahasiswa Statistika berdasarkan pengalaman sendiri dan teman-teman lain tentunya


1. Membuat Monografi Desa

Kelihatannya ini adalah proker favorit mahasiswa statistika ketika KKN hehe. Biasanya berbentuk papan. Papan monografi berisi tabel mengenai data kependudukan dan sarana prasarana desa. Bentuk papannya sendiri bisa beraneka ragam. Selain papan bisa juga dicetak dalam bentuk mmt atau cukup upload gambar di website desa. Selain Desa papan-papan yang berisi data biasanya juga ada di sekolah. Jika belum ada bisa juga sekalian dibuatkan


2. Membuat Infografis Laporan Realisasi Anggaran di Desa

Cukup banyak mahasiswa yang membuat program ini. Biasanya dicetak dalam bentuk mmt. Bisa juga di web. Laporannya mencakup sumber dana, rincian pengeluaran, dan lain-lain. Akan lebih baik lagi jika sebelumnya didahului dengan sosialisasi mengenai pentingnya membuat dan menampilkan laporan realisasi anggaran desa.


3. Pelatihan Pemanfaatan Google Form dan Spreadsheet untuk Perangkat Desa / Kelompok Kegiatan / Pelaku Usaha Setempat dalam Rangka Digitalisasi Data

Di sebagian desa penduduknya belum familier dengan tools yang satu ini. Padahal dengan pemanfaatan spreadsheet maka akan mudah mengakses data darimana saja dan dapat diupdate kapan saja ketika perlu. Sasaran dari proker ini bukan hanya saja ditujukan ke perangkat desa dan pelaku usaha tapi bisa juga ke berbagai kelompok kegiatan seperti karang taruna, kelompok tani, PKK, Posyandu, atau perkumpulan yang lainnya. Dengan adanya digitalisasi data maka data akan lebih mudah diakses, aman dari kerusakan bencana alam, dan mudah dicari dengan fitur search, find, atau dengan perintah query, pencarian dengan filter.


4. Update Data Online di Website Desa

Ini dia proker yang cukup kekinian kalau sudah berkaitan dengan dunia internet, tidak sekedar data manual di kertas saja tapi juga via web agar bisa dilihat semua orang. Memang agak senggolan sama prokernya jurusan informatika tapi masih sama-sama bisa. Terutama jika sudah punya modal pengetahuan tentang pemrograman.


5. Melakukan Pelatihan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap Pelayanan di Balai Desa / Puskesmas Pembantu 

Dulu pernah terpikirkan untuk melakukan hal ini tapi sayangnya ketika sudah pertengahan KKN dan program lain sudah berjalan jadi berat kalau buat baru. Padahal Cukup keren proker ini. Oke Lanjut... Pelatihannya bisa dimulai dari menyusun pertanyaan, mengambil sampel hingga mengolah data. Terget pelatihannya bisa kepada perangkat desa atau jika di puskesmas berarti kepada petugas puskesmas.


6. Melakukan Pendataan Potensi Desa seperti UMKM, Wisata, Kependudukan dll

Yang namanya anak jurusan statistik pasti erat kaitannya dengan data. Kalau tidak pada pengolahan data maka bisa pada pengambilan data. Pemerintah sendiri juga rutin melakukan pendataan kepada para warga seperti siapa saja yang hamil, alamatnya dimana, lalu siapa saja yang memiliki balita. Biasanya di desa ada Kader yang bertugas untuk melakukan hal ini.


7. Membuat Infografis Potensi Desa sebagai Sarana Promosi ke Dunia Luar

Infografis sangat erat kaitannya dengan penyajian data dengan cara yang kreatif dan estetis. Sangat cocok jika kamu bisa desain grafis juga. Infografis dapat disebarkan secara daring maupun dicetak seperti berbentuk leaflet atau bahkan kalender.


8. Penerapan Metode Six Sigma bagi UMKM Setempat

Six sigma sendiri merupakan suatu alat dalam manajemen untuk mengendalikan kualitas dengan mendalami sistem produksi. Tujuannya meminimalisir cacat produk, memangkas waktu produksi, dan mengefisienkan biaya. Ini lebih berat berbobot lagi. Bentuknya bisa pelatihan maupun langsung ke penerapan karena KKN kan pengabdian.


9. Pelatihan Perancangan Percobaan

Ingatkan mata kuliah rancangan percobaan (rancob). Nah ternyata dapat kita terapkan selama KKN. Misalnya yang di desanya ada peternakan ayam, industri tempe, dan cocok tanaman hias / pangan. Karena waktu KKN biasanya tidak lebih dari dua bulan makanya bentuk pelatihan lebih cocok daripada penerapan secara keseluruhan kecuali percobaan yang hanya memerlukan waktu sekitar dua minggu. Selain rancob sebenarnya juga ada metode lain yang bisa diujicobakan seperti uji kesamaan mean baik berpasangan maupun tidak dengan melihat kasusnya terlebih dahulu. Serta bisa dicobakan metode statistika sederhana yang lainnya.


10. Pemetaan Desa

Proker ini memang tidak familier bagi mahasiswa statistika, tetapi pengalaman dulu pernah mau diajak untuk membuat peta desa dengan alasan dari jurusan statistika. Mungkin ada kaitannya dengan statistika spasial hehe. Biasanya yang dipetakan seperti ruas-ruas jalan, sarana-prasarana, bentang alam, dan perumahan.


11. Mengajarkan Software Statistika

Wah emang masyarakat butuh software statistika ya... Eits sasaran yang tepat pada program ini adalah kalau ada warga tempat KKN yang merupakan mahasiswa akhir yang butuh mengolah data dengan menggunakan software statistika. Atau kelanjutan dari yang nomor 9. Atau kalau ada pihak tertentu di desa yang membutuhkan seperti untuk penelitian.


Bagi yang Desa KKN nya sudah berstatus Kampung KB (Keluarga Berkualitas) biasanya ada yang namanya Rumah Data Kependudukan (RDK). Bisa coba tanya-tanya dan mencari peluang program kerja di sana jika menemukan kekurangan secara keilmuan statistika.

Sekian, jangan lupa konsultasikan dahulu kepada dosen pendamping masing-masing ya agar di-ACC (accepted) prokernya karena ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan & didiskusikan juga.

Dengan Statistical Thinking pastinya banyak hal yang bisa diolah menjadi Data :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar